,

Suka Kaget Sedih Keren Kesel Ngakak Yajuga

Growie Award: Bikin Video Gokil dan Jadilah Terkenal!

Mencari tahu tentang penghargaan mingguan paling bergengsi di jagad Growtopia

Beberapa waktu lalu, saya pernah membuat artikel tentang beberapa Youtuber Growtopia Indonesia yang keren-keren. Di artikel tersebut, saya menyebut nama BushiGT, pemain asal Indonesia pertama yang menerima Growie Award. Kamu bisa nonton videonya di artikel itu.

Nah, sekarang, saya tertarik untuk membahas tentang Growie Award. Apa itu Growie, gimana cara menanginnya, apa keuntungannya menang, dan lain-lain.

Pertama-tama, apa itu Growie Award? Sebenernya, nama resmi penghargaannya sih “Video of the Week”, tapi kita pake Growie aja biar gampang. Growie (yang sebenernya adalah nama trofinya) diberikan pada mereka yang videonya dipilih, oleh Seth dan Hamumu, sebagai yang terbaik dalam sepekan. Bisa dibilang, mekanismenya persis World of the Day (WOTD).

Penghargaan ini pertama kali diberikan pada tanggal 16 Mei 2014 kepada Hakanss dan RuneSport, “pembawa acara” GrowNoobShow di Youtube. Video yang mereka buat adalah remake video klip lagu “Happy” milik Pharrell Williams.

Yap, nggak kayak WOTD yang diberikan harian, pemenang Growie cuma ada satu orang selama seminggu. Tapi, kayak WOTD, kamu punya kesempatan untuk menang lebih dari sekali. GrowNoobShow, misalnya, udah pernah menang seenggaknya tiga kali.

Untuk videonya sendiri, bisa dibilang nggak ada ketentuan yang ketat. Kamu, misalnya, nggak dibatasi soal jenis video apa yang dibuat. Alasannya, sejauh ini udah ada pemenang yang videonya ber-genre tips, video klip, atau parodi. Bebas!

Baca juga:  7 Youtuber Growtopia Indonesia yang Wajib Kamu Subscribe!

Sebagai contoh, video dari EasyE ini masuk ke kategori panduan main, bukan parodi atau video klip.

Meski begitu, di thread resminya, Hamumu menyertakan beberapa aturan yang harus diperhatiin, seperti bebas kekerasan/pornografi, ada latar belakang musiknya, dan melalui proses editing (maksudnya jangan sekedar ngerekam).

Selain itu, nggak ada ketentuan soal durasi video. Sejauh ini, ada yang menang dengan durasi panjang (video di atas berdurasi nyaris 17 menit), ada juga yang pendek, kayak video “Dear Dirt.” buatan BarkBits yang nggak sampai dua menit.

Keuntungan dari menjadi pemenang, tentu saja, adalah menjadi terkenal. Gimana nggak terkenal kalo video kalian di-post ke Facebook resminya Growtopia–dengan hampir 200 ribu liker itu. Sebagai tambahan, video kalian juga akan masuk /news selama seminggu.

Selain hadiah-hadiah itu, kamu juga akan dikirimin trofi Growie Award buat dipamerin di world. Seperti saudara tirinya, Ultra Trophy 3000 (hadiah WOTD), Growie Award juga merupakan tradable item, alias bisa diperjualbelikan. Kalau kamu baca artikel “7 Youtuber Growtopia” dengan cermat, kamu pasti tahu tentang kisah sedih BushiGT waktu berpisah sama Growie-nya.

Terkait statusnya sebagai item yang bisa diperjualbelikan, developer nulis ini sebagai deskripsi Growie Award:

Baca juga:  Tutorial Growtopia dari Pemula untuk Pemula (Bagian 2)
deskripsi growie award
“Selamat! Film kamu terpilih sebagai yang terbaik minggu ini! Atau, kamu cuma membeli piala ini dari orang lain. Dasar manusia rendahan.”

Kalian bisa lihat-lihat halaman wikinya, kalau mau cari tahu lebih lanjut. Thread resmi yang dibuat Hamumu juga seru kok kalo lagi butuh hiburan.

Ya, demikianlah uraian tentang Growie Award. Fitur ini seakan memperkuat keyakinan saya bahwa Growtopia adalah salah satu game paling dalam dari sisi gameplay. Mungkin hal ini didukung oleh sifatnya yang open world (makanya selalu saya bandingin sama Grand Theft Auto), tapi menurut saya, kekuatan terbesar Growtopia ada di komunitasnya.

Jelas bukan di grafiknya, sih.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ditulis oleh Dika Satrio

Halo, saya Dika. Menulis di Gokil adalah pekerjaan saya sehari-hari, tapi membuat diri saya terhibur adalah hal yang saya lakukan bersamaan dengan setiap tarikan napas.

Kolom Komentar

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Comments

comments

scam di growtopia 2

Scam-Scam di Growtopia yang Harus Kamu Tahu (Bagian 2)

navi ladies team tips pro dota 2

Menjadi Pemain Profesional: 15 Hal yang Harus Kamu Ingat dan Lakukan (Bagian 1)